Halo teman-teman artikel ini saya buat buat yang mau belajar mengenal periklanan online atau digital, saya share berdasarkan pengetahuan saya selama yang saya tahu, selain google ads dan juga facebook ad sebetulnya masih banyak jenis periklanan lain, tetapi lain waktu saya bahas karena memang menurut saya pribadi google adword atau google advertising dan facebook marketing memang yang terbaik untuk saat ini.

Pada saat ini periklanan online memang sudah merajalela karena media maupun masyarakat sudah beralih total ke dunia digital dan dunia maya, seperti facebook ads, website, maupun aplikasi.
Banyak platform advertising yang terkenal dan tentu saja dengan harga yang terjangkau, tetapi karena sebagian dari kita tidak tahu apa saja platform yang bagus, yang mudah dan tentu saja dengan harga yang terjangkau yang bisa kita operasikan sendiri.

Platform Iklan Terpopuler dan Terbaik 2019

Berikut ini adalah platform periklanan digital terbaik dengan harga dan rate yang terjangkau.

1. Google Ads
Google,  Yah yang satu ini sudah tidak asing pastinya, mungkin dari kita hanya tahu google search atau produk google seperti youtube yang memang sudah sangat populer, Google tentu memiliki platform periklanan yang bernama Google Ads (Google Advertisement) sebelumnya bernama Google Adwords.
Google Ads menawarkan layanan jenis iklan seperti  :

- Banner
Iklan Banner ini adalah iklan yang berbentuk gambar ataupun gambar bergerak seperti HTML5 & juga Video in Banner dimana iklan iklan ini nantinya akan muncul dan tersebar di website website yang bekerjasama dengan Google, bisa juga iklan ini muncul di website terkenal dan media online terkenal yang memang menjadi penayang iklan google (Publisher) sebagai contoh memakai Google adsense, Google Ad Exchange yang memang sebagai platform bagi penayang untuk memonetize websitenya, saya akan bahas dilain artikel.

- Video 
Jikalau ingin mengiklankan sebuah produk ataupun brand di youtube, kita diwajibkan menggunakan platform youtube itu sendiri dalam hal ini yaitu kita mengupload video kita ke youtube, setelah diupload, Link URL video kita di youtube itu yang akan kita gunakan untuk diiklankan pada platform ini. Contoh iklan di Youtube ada berupa gambar dan ada juga yang berupa video, Iklan di youtube ini dikenal dengan istilah Bumper Ads
  • Pre-Roll (Iklan sebelum video dimulai)
  • Mid-Roll (Iklan pada saat Video sedang tayang)
  • Post-Roll (Iklan setelah video berakhir)
  • Standar Banner Ads (Iklan berupa gambar yang ada diposisi bawah video biasanya berukuran persegi panjang)

- SEM
Awalnya saya cukup awam dan tidak mengerti sama sekali apa ini SEM, ternyata SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, SEM ini jenis iklan pencarian dan berupa tulisan (Search Ads) contoh iklan jenis SEM ini adalah ketika kita mencari sesuatu di google pencarian, maka pada diposisi yang paling atas adalah sebuah iklan SEM ini teman-teman. sebagai contoh saya lampirkan gambarnya dibawah ini.


2. Facebook Ads

Nah selanjutnya adalah facebook dengan media yang memang berbeda dari google yang merupakan platform overall, tetapi facebook lebih ke media sosial seperti facebook dan juga instagram,iklan iklan yang ada difacebook juga tidak kalah menarik dibanding google dengan pemirsa / penggunanya yang mencapai miliaran data. dari data terakhir yang saya dapatkan pengguna facebook saat ini adalah 2.27 Milyar Data terupdate pada 2018 (dikutip situs statista).
Tentu dengan data pengguna yang sebanyak itu facebook ads dengan mudahnya menyebarkan iklannya yang bisa dilihat dan diinteraksikan ke kebanyakan orang.

Nah berikut adalah jenis jenis iklan yang terkenal di Facebook gan yang paling banyak digunakan :

1. CTW (Click to Website)
Nah jenis iklan ini yang memang paling banyak digunakan di platform facebook ini cara kerjanya tentu sama seperti iklan pada umumnya dimana setelah kita mengklik iklan kita diarahkan ke website pengiklannya sebagai contoh pengalaman saya adalah saya mengklik iklan dari sopi yang diarahkan ke link produk tersebut di sopi, selain harganya yang memang murah iklan ini juga menjangkau langsung ke pengguna yang memang iklan iklannya menargetkan pengguna yang pernah melihat atau membuka situs yang beriklan di facebook tadi sebagai contoh tadi adalah Bukatikar.com.
Iklan CTW ini bisa muncul di feed Instagram ataupun facebook, bisa juga di Instagram Stories, maupun di bilah samping laman facebook.

2. PPE (Paid Post Engagement)
Berbeda jika PPE, mungkin sebagaian belum tahu apa ini iklan PPE, iklan ini adalah iklan sebetulnya adalah postingan kita di facebook atau instagram yang kita promosikan agar mendapatkan respon dari para pengguna lainnya, bisa saja sebagai contoh kita post tentang produk jualan kita, dan kita ingin agar banyak dilihat dan juga ada kemungkinan dibeli oleh masyarakat luas maka kita promosikan postingan kita agar dilihat dan dipesan oleh pengguna yang ada di instagram atau facebook.

 Bahwasannya jika kita ingin beriklan tentu saja pastikan produk kita memang yang dicari oleh orang banyak, karena selain beriklan meskipun iklan sudah menjangkau orang banyak jika produk atau iklan yang kita promosikan kurang menarik terkadang banyak yang tidak direspon oleh pengguna yang melihatnya, tidak selalu salah target kadang memang gambar atau produk yang diiklankan memang terlihat tidak menarik.
Semoga artikel ini bermanfaat, FYI artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri. :)

-- Platform Iklan Terpopuler Terbaik --
-- Facebook Ads, Instagram Ad, adsense, adwords, Google Adsense, Google Word --