Kembali update dengan segala kesibukan didunia nyata, berhubung banyaknya kini iklan-iklan dalam sosial media, bagi yang bekerja pada bidang advertising online, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya UTM, tetapi bagi yang tidak bekerja pada bidang ini tentu kurang paham, sebagai contoh ada yang ingin mengetahui apa itu UTM, fungsi serta cara membuat UTM itu sendiri, semuanya akan kita ulas pada artikel ini.
Dikutip Wikipedia, UTM kepanjangan dari Urchin Traffic Monitor yaitu parameter URL yang digunakan untuk melacak audience/pengunjung suatu iklan berasal. Parameter UTM ini memungkinkan pengiklan untuk menganalisis efektifitas kampanye iklan dari seluruh sumber lalu lintas dan penerbitan media.
Dengan menambahkan parameter UTM ke URL, web analytics software (misalnya Google Analytics) menampilkan sumber domain dan nama kampanye yang merujuk lalu lintas ke situs web. Ketika seseorang mengklik link yang berisi URL dengan parameter UTM, Program web analisis dari situs tujuan menafsirkan informasi parameter dan atribut untuk kunjungan seseorang ke dalam website tersebut.
Berikut adalah contoh URL blog ini dengan menggunakan UTM :
http://ilbal-crewzeiro.blogspot.com/?utm_source=Facebook&utm_medium=Advertorial&utm_term=ContohUTM&utm_campaign=ArtikelBlog
Keterangan
UTM Source : Sumber lalu lintas atau sumber dari mana pengunjung halaman tersebut datang.
UTM Medium : Dari media apa pengunjung tersebut datang misal dengan mengklik sebuah banner atau sebuah berita
UTM Campaign : Dari kampanye iklan apa pengunjung tersebut datang.
-- Apa Itu UTM Dalam Iklan --
0 Comments
Post a Comment