Selamat malam sobat blogger, dalam postingan ini saya agak sedikit membahas diluar topik tentang komputer ataupun IT , tetapi masih ada ketertaitan dengan dunia cyber
Attitude, ya Atittude , kata ini sungguh penting dalam kehidupan sehari-hari, sopan santun tentunya akan menilai bagaimana keadaan diri kita ataupun cerminan diri kita
bahwa kata inilah yang akan mewakili kita dalam pandangan orang ataupun masyarakat, tetapi apa yang terjadi jika kata ini tercoreng
ya bukan hanya dikucilkan, bahkan ada cap(anggapan) buruk yang tertuju kepada diri kita apalagi jika kita telah dikenal dengan sikap buruk tersebut.

Sebagai contoh beberapa waktu lalu saya mendapatkan sebuah komentar yang lumayan pedas bahkan tergolong tidak sopan, disalah satu postingan blog sederhana saya, meski komentar tersebut tidak saya publish(saya anggap spam) dalam postingan tersebut akan tetapi akan saya publish dalam artikel ini.
Ada beberapa tipe orang memang, salah satunya hanya menikmati hasil tanpa melihat bahkan menjalankan prosesnya, inilah yang terjadi pada salah satu pengunjung blog saya,
Ntah apa yang salah atau bahkan saya menganggap hal tersebut begitu sepele,

Kronologi kasus :
Mendownload sebuah game android yang bercache tentunya cache (data) tersebut kita letakan pada sebuah directory android/obb, tetapi ntah apa yang dilakukan oleh user tersebut justru gagal menginstal game ini, tetapi disinilah letak attitude kita, jika gagal lebih baik kita bertanya dimana letak salah, bagaimana cara menanganinya, bahkan dipostingan tersebut telah saya tulis beserta tutorialnya, hingga pada akhirnya keluar pernyataan bahwa dia harus membayar game tersebut.
Ya itu terjadi jika kita telah salah meletakan salah satu data tersebut, sangat lucu jika memang berbayar pastilah sebelum mendownload kita diharuskan melunaskan pembayarannya terlebih dahulu, tetapi user berhasil mendownload data sebesar +1GB tersebut.
karena merasa ada yang salah terjadilah beberapa komentar yang kurang sopan terucap (saya tak menanggapi hal ini karena terkesan tidak dewasa dan kekanak-kanakan).

 pentingnya etika berkomentar didunia maya



Sungguh ironi ditengah kebebasan berpendapat justru terjadi sebuah komentar yang tidak beretika dan menyebar fitnah ke sebuah komunitas, sangat disayangkan saya sebagai salah seorang yang belajar bahkan bekerja pada bidang IT ini sendiri sangat menjaga bagaimana beretika dan sopan antar blogger lainnya, jika ada yang salah kita bertanya, bukan sebaliknya seperti menyebar fitnah dan menyebar komentar kotor.
Selalu kita kedepankan kedewasaan, rasa saling menghargai tanpa adanya konflik, dan junjung tinggilah sebuah kebebasan berpendapat dengan sopan, dan jadilan orang yang berpendidikan dengan tutur kata yang sopan.

Salam & Sukses selalu untuk blogger-blogger Tanah Air Indonesia

-- OOT --