Apa itu Analisa dan Desain Objek Oriented

Analisa dan Desain Objek Oriented adalah cara dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep aslinya.
contoh membuat bangunan stadium sepak bola dan dibuat sebuah konsep tiruannya seperti gambar dan replika nya.

Analisa objek oriented

Yaitu mendetailkan atau memberikan informasi pada suatu objek permasalahan dengan menggunakan metode berorientasi objek. Tujuannya adalah untuk mengembangkan model yang menggambarkan sebuah perangkat yang ditentukan oleh klien.

Adapun bahasa yang digunakan untuk mengembangkan software berbasis OO (Object-Oriented) yaitu adalah UML (Unified Modeling Language)
UML adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented).

Konsep Pemodelan Menggunakan Unified Modeling Language (UML)

Pemodelan dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) merupakan metode pemodelan berorientasi objek dan berbasis visual. UML merupakan pemodelan objek yang fokus pada pendefinisian struktur statis dan mode lsistem informasi yang dinamis dari pada mendefinisikan data dan model proses yang tujuannya adalah pengembangan tradisional.

Konsep Metode Berorientasi Objek
Objek-objek adalah suatu gabungan antara sebuah data dan sebuah aspek lojik yang menggambarkan sebuah entitas dunia nyata.
contoh sebuah motor adalah objek, maka yang menjadi data adalah harga, bentuk, bahan bakar, warna, dan yang menjadi aspek lojik nya adalah jarak tempuh,berjalan, rem, belok.

1.Kelas
Kelas dikatakan sebagai suatu kumpulan objek yang memiliki struktur dan perilaku yang sama. contoh sepeda adalah suatu kelas, maka sepeda wimcycle,sepeda polygon dikatakan suatu objek.

2.Attribut
Attribut bertugas sebagai untuk menggambarkan keadaan suatu objek,
contoh sebuah sepeda memiliki attribut warna, harga, dan bentuk.

3. Metode
Metode adalah suatu fungsi atau prosedur yang didefinisikan untuk dapat mengakses keadaan internal suatu objek dari suatu kelas. contoh nya kelas Pegawai memiliki metode Hitung Gaji. Metode sebenarnya merupakan antarmuka yang disediakan untuk dapat memanfaatkan perilaku objek tersebut. Sebagai contoh : jika diinginkan dilakukannya perhitungan gaji, maka message ‘Hitung Gaji” harus dikirimkan ke objek Pegawai

4. Message
Message merupakan cara untuk berhubungan antara satu objek dengan objek lain,
Message bertugas sebagai pemanggil sebuah fungsi, tetapi message berbeda dengan pemanggilan subtrutin.
Dua objek yang berbeda dapat melakukan sebuah operasi yang berbeda dengan message yang sama. Konsep ini dikenal dengan nama Polymorphism.

Sumber/Refrensi Tugas :

http://catatankuliahh.blogspot.com/2012/06/object-oriented-analysis-and-design.html 
http://www.academia.edu/1831182/Object_Oriented_Analysis_and_Design
http://lina-embun.blogspot.com/2012/04/metode-ooad-object-oriented-analysis.html